Begadang Lagi (Ngopi Hitam Dulu Biar Ga TABLO)

:D
Thursday, January 1, 2015

5:52 AM
5
Awal Tahun ini saya akan berbagi Ilmu Tentang Library Usu :), jadi anda ketika mendesign Form pada aplikasi anda tidak usah menggunakan Code Java 2D,,terlalu banyak Coding :)

Contoh Design dengan Library Usu :



Apa Itu Library ?

Library adalah  sebuahkumpulan dari program yang disertakan dalam Java. Hal ini akan memudahkan pemrograman menjadi lebih mudah. Kelengkapan library smakin beragam jika ditambah dengan karya komunitas java. Java memiliki library yang lengkap. Bahasa pemrograman Java menyediakan labrary-library standar yang telah di-compile dan dapat langsung digunakan dalam implementasi pembuatan sebagai aplikasi. Pada labrary, terdapat berbagai macam class yang dapat digunakan dan telah dkelompokkan de dalam package

USULIBRARY

usulibrary ini buatan mas eko khannedy , Syaa juga gak kenal, namun sering ikuti perkembangan di blog pribadinya, usulibrary dapat kita gunakan untuk mengganti tampilan swing menjadi lebih indah. sekilas saja mengenai apa itu Usu Library, kalau mau lebih search saja mbah Google,, selanjutnya akan kita bahas bagaimana menambahkan UsuLibrary pada IDE Netbeans,

USULIBRARY+NETBEANS

Kebutuhan Aplikasi :
Langkah-Langkah penambahan usulibrary ke Project Anda.
1. Buat Project Baru Terserah Anda.
2. Setelah terbuat Projectnya Klik kanan pada libraries kemudian Add file Jar yang telah rekan2 download.

ScreenShootnya Cara Penambahan File Jar :



3. setelah menambahkan UsuLibrary.jar anda  tinggal Copy-Paste aja JButton Transparan,JtextField trasparan, Panel Transparan dll,  di project contoh yang saya berikan .



Silahkan !
DOWNLOAD



Didalam project saya sediakan Form di dalamnya terdapat JButton Transparan,JtextField trasparan, Panel Transparan dll untuk anda COPAS ke project anda yang lain .
ScreenShot :



Catatan :

jika di JButtonnya ingin di tambahkan Icon, anda cukup klik buttonya kemudian pilih properties-lalu cari file dimana anda menyimpan gambar lali import.
Tapi menambahkan Icon yang baik dan benar itu, anda buat package baru di project anda untuk menyimpan seluruh icon anda kemudian ketika anda ingin menambahkan icon pada Widget form anda,anda pilih icon yang ada di project anda supaya ketika project anda di buka di komputer lain, gambarnya akan tetap terbuka !
Enjoy
Korban Ngoding!

5 comments:

  1. usulibrary tidak dapat menambah pallete pada program saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukan aja USU Librarynya ke pallate tool mba yang disediakan NetBeans

      Delete
  2. Mohon maaf semuanya, saya baru nge Blog kembali
    Silahkan download kembali linknya sudah saya perbaiki :)

    ReplyDelete