Begadang Lagi (Ngopi Hitam Dulu Biar Ga TABLO)

:D
Tuesday, March 17, 2015

6:23 AM

Setelah dari kemarin MUMET, akhirnya hari ini saya ingin berbagi ILMU Sedikit.
yaitu cara Penggunaan ManPanelLibrary, apa itu ManPanelLibray ?
saya akan jelaskan kenapa saya membuat Library ini,
seiring banyak sekali design2 untuk tampilan JAVA seperti yang telah mas Eko Kanedy buat yaitu USULIBRARY Dsb, maka tampilan untuk JAVA semakin Menarik dengan Design JAVA 2D,,
sehubungan saya sering membuat Aplikasi dan sering menggunakan JAVA 2D Untuk tampilannya, dan ketika saya sering untuk mengganti Backgroud Panel pada Aplikai dikarenakan menyesuaikan dengan Aplikasi yang saya buat, maka saya berpikir untuk membuat Design JAVA 2D dalam library tanpa harus mengubah Panel itu Sendiri karena kita harus menyusun ulang kembali Design Sebelumnya,, maka dengan Library ini saya ingin membuat pengguna JAVA khususnya yang menggunakan NetBeans untuk merubah Tampilan secara Simple tanpa harus mengacak-ngacak Tampilan yang telah dibuat :)
itu sedikit penjelasan Mengenai ManPanelLibrary.
Disini saya akan menjelaskan penggunaannya :


1. Jalankan NetBeans anda
2. kemudian Buat Project Baru dengan cara new-project-kemudian buat project terserah anda.
3. kemudian dalam Paketnya anda buat New-JFrameForm/JDialog.
4. Kemudian drag Panel pada pallate, seperti gambar .




5. Kemudian setelah di Drag Panelnya, Rekan2 masukan Library "ManPanelLibrary" dengan Cara Klik pada library project Anda kemudian AddJar, gambar:





6. Setelah itu Anda muka Form yang telah di darg Jpanelnya, kemudian Klik Panelnya kemudian anda masuk Ke Properties-Code-CostumCreationCode-kemudian pilih button ... lalu masukan Code
 "new Man.Dom.Panel.Library.BlueBalck();
eperti Gambar :








Setelah Di isi Costum Kodenya kemudian Jalankan JframeFrom anda itu, maka BackGround anda akan berubah sendiri ketika dijalankan, RunFile form anda :) tampilannya :




Kemudian Ketika anda ingin merubah tampilan lainnya,ingin merah dengan Hitam anda cukup Klik Panel Tadi yang telah dibuat kemudian masuk Ke Properties-Code-CostumCreationCode-kemudian pilih button .seperti sebelumnya.. lalu Ganti  Code  yang sebelumnya menjadi
 "new Man.Dom.Panel.Library.RedBlack();
dan jalankan kembali hasilnya :)




Cukup Mudah buakan, Anda tidak usah Repot-report Desing backgroud dengan mewarnai panel, dan jika panel itu akan dirubah warnanya anda harus merubah susunan sebelumnya, anda cuma mengganti Background panel seperti tadi maka ketika dijalankan akan otomatis berubah,
Jadi buat apa cape mewarna Panel , cukup panel biasa tapi ketika dijalankan Formnya akan berubah sendiri :),, disini anda bisa menggunakan beberapa tampilan background JAVA2D, dengan memasukan Code seperti di atas.
Ini beberapa Background yang ada pada ManPanelLibrary yang bisa anda gunaka :






Anda tinggal pilih saja Background yang bagus untuk aplikasi anda,,
:)


Anda bisa DownLaod ManPanelLibrary !


Korban Ngoding
Download

0 comments:

Post a Comment